Minggu, 24 Januari 2010

Profil Kabupaten Pohuwato


Kabupaten Pohuwato merupakan kabupaten yang berada di ujung barat Provinsi Gorontalo dengan letak Geografis antara 0,27o 1,01o lintang utara 121,23o 122,44o Bujur Timur dengan iklim 24,4 33,2o C. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Buol, sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Tomini, Sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Parigi Moutong dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Boalemo. Luas wilayah adalah 4.244,31 Km2 atau 34,75% dari luas wilayah Provinsi Gorontalo. Kabupaten ini terbagi menjadi 7 kecamatan dengan ibukota kabupaten yaitu Marisa.

Kabupaten ini memiliki areal ladang jagung disepanjang jalan trans-Sulawesi yang menjadi modal perekonomian dan bahkan menjadikan kabupaten ini sebagai penghasil jagung pipil dalam skala provinsi. Sekitar 40 persen jagung dari Provinsi Gorontalo disumbangkan oleh kabupaten ini. Pertanian memang banyak diminati penduduk sedangkan untuk perkebunan belum begitu dikembangkan. Umumnya tanaman perkebunan yang dibudidayakan penduduk adalah kelapa. Selain itu ada juga tanaman jambu mete, kakao, kopi, kemiri, cengkeh, dan lada dalam bentuk perkebunan rakyat walaupun luas areal dan produksinya masih dalam skala kecil.

Hutan masih banyak tersebar dan mendominasi. Lebih dari 70 persen wilayah kabupaten berupa hutan dengan luas keseluruhan sekitar 334.000 hektar. Sekitar 68 persen hutan berstatus hutan produksi. Kayu dari hutan yang sebagian besar berada di Kecamatan Popayato banyak digunakan oleh penduduk sebagai bahan baku mebel. Laut biru di Teluk Tomini di bagian selatan juga layak dipertimbangkan sebagai pemacu perekonomian masa datang. Potensi Tuna, cakalang, dan tongkol sebanyak 2.100 ton pertahun, juga jenis yang lebih kecil seperti ikan layur, selar, dan teri sebanyak 4.030 ton pertahun, ditambah dengan kerapu, ikan baronang dan kuwe sebanyak 4.070 ton pertahun dapat dimanfaatkan oleh para nelayan.Rumput laut juga memiliki potensi yang besar dengan luas lebih dari 900 hektar dan mampu menghasilkan 18.000 ton pertahun. Masih ada pula potensi mutiara yang dapat dikembangkan di lahan seluas 1.000 hektar dan udang windu di tambak seluas 9.000 hektar.

Kekuatan Pohuwato dalam sektor perikanan memang cukup signifikan dalam skala provinsi. Kabupaten ini memang menjadi pusat produksi perikanan, berbeda dengan Kabupaten Boalemo yang menjadi pusat etalase perikanan. Teluk Tomini juga menyediakan pantai untuk dijadikan aset wisata. Pantai Bumbulan dengan pasir halus telah mulai menyiapkan diri dengan keberadaan restoran serta anjungan-anjungan berderet si sepanjang pantai. Perkampungan suku Bajo di atas air bis amenjadi obyek wisata budaya yang unik dan menarik. Potensi pariwisata di kabupaten ini dapat lebih dikembangkan mengingat wilayahnya yang dilalui jalur trans-Sulawesi yang menghubungkan Manado di Sulawesi Utara dan Palu di Sulawesi Tengah sehingga menjadi tempat persinggahan para pengguna transportasi darat.


Sumber Data:
www.bps.go.id
(01-10-2007)
BPS Prov. Gorontalo
Jl. Taman Pendidikan

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=7503

Sumber Gambar:
http://www.gorontalo-info.20megsfree.com/kab-pohuwato.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar